Mata Kul PLS

/ Jumat, 23 April 2010 /
  1. Muhammad Tajuddin

    07110013

    Apa yang Anda pahami tentang Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam? Analisislah perbedaan antara keduanya, dan berilah contoh masing-masing agar semakin jelas!

Pendidikan Islam

Hasan Langgulung merumuskan pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat. Atau pendidikan islam yaitu pendidikan yang didalamnya mengajarkan ajaran-ajaran islam. Dalam arti ini ruang lingkup pendidikan islam sangat luas.

Adapun pengertian pendidikan Agama islam menurut para pakar, antara lain :

Menurut Omar Muhammad Al – Thoumy al – Syaebani

“Pendidikan agama Islam diartikan sebagai usaha mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan pribadinya atau kehidupan kemasyarakatannya dan kehidupan dalam alam sekitarnya melalui proses kependidikan.”

Menurut Ahmad D. Marimba

“Pendidikan agama Islam adalah suatu bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam”.

Pengertian-pengertian di atas pada dasarnya mengandung pengertian yang sama meskipun susunan bahasanya berbeda oleh karena itu beberapa pengertian di atas ditarik kesimpulan bahwa pendidikan agama Islam adalah bimbingan dan usaha yang diberikan pada seseorang dalam pertumbuhan jasmani dan usaha rohani agar tertanam nilai-nilai ajaran agama Islam untuk menuju pada tingkat membentuk kepribadian yang utama, yaitu kepribadian muslim yang mencapai kehidupan dunia dan akhirat. Atau pendidikan agama islam adalah pendidikan yang diajarkan pada sekolah-sekolah umum SD, SMP, SMA. Dalam arti ini pendidikan islam sejajar dengan pelajaran PPKN, Matematika, Biologi dan sejenisnya.

  1. Menurut Anda, apa itu Pendidikan Luar Sekolah? Analisislah karakteristik PLS yang membedakannya dengan pendidikan sekolah?

Pendidikan luar sekolah adalah pendidikan yang dirancang untuk membelajarkan warga agar mempunyai jenis keterampilan dan atau pengetahuan serta pengalaman yang dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal (persekolahan).

Karakteristik;

µ Pendidikan Luar Sekolah sebagai Subtitute dari pendidikan sekolah. Artinya, bahwa pendidikan luar sekolah dapat menggantikan pendidikan jalur sekolah yang karena beberapa hal masyarakat tidak dapat mengikuti pendidikan di jalur persekolahan (formal). Contohnya: Kejar Paket A, B dan C

µ Pendidikan Luar Sekolah sebagai Supplement pendidikan sekolah. Artinya, bahwa pendidikan luar sekolah dilaksanakan untuk menambah pengetahuan, keterampilan yang kurang didapatkan dari pendidikan sekolah. Contohnya: private, les, training

µ Pendidikan Luar Sekolah sebagai Complement dari pendidikan sekolah. Artinya, bahwa pendidikan luar sekolah dilaksanakan untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan yang kurang atau tidak dapat diperoleh didalam pendidikan sekolah. Contohnya: Kursus, try out, pelatihan dll

  1. Saat ini, ada orang yang menjadikan PLS sebagai pendidikan alternative bagi sekolah yang dianggap tidak mampu atau gagal dalam mendidik anak bangsa. Bagaimana pandangan Anda!

Apabila memang Pendidikan formal tidak dikelola dengan bagus, walaupun mempunyai dana yang cukup tidak akan menjadikan pendidikan tersebut sebagus yang diharapkan. pendidikan yang bagus adalah pendidikan yang diatur dengan manajemen yang professional.

Dan bisa jadi pendidikan luar sekolah akan mengungguli pendidikan formal walaupun dukungan dana tidak semaksimal seperti PS. Dan apabila memang terjadi demikian maka tiada salahnya anak disekolahkan di PLS. namun perlu dipertimbangkan bahwa masyarakat masih memandang sebelah mata terhadap pendidikan Luar sekolah, walaupun pemerintah mendukung PLS.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 sialim, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger