optimalkan peran powerpoint

/ Kamis, 29 Oktober 2009 /
sering kali saya melihat beberapa dosen yang mengajar menggunakanpowerpoint. inginnya para mahasiswa cepat memahami apa yang ingin disampaikan dengan memanfaatkan media elektronik, akan tetapi tak sedikit mahasiswa yang terlihat jenuh dengan materi yang disuguhkan oleh dosen tersebut.
Materi boleh menarik, dosen boleh berpenampilan keren, tapi yang tak kalah pentingnya model pembuatan power point juga harus diperhatikan agar para peserta didik lebih nyaman dalam menerima materi yang hendak diajarkan...
berikut sedikit trik pembuatan power point yang sekiranya membantu anda, agar power point yang anda bikin tampil menarik dan tepat sasaran.

1. Tulis point-point materinya
karena media ini adalah media power point maka hal yang kita tulis juga harus point-point yang penting dari maateri yang hendak disampaikan

2. Buat pembukaan yang menarik
walaupun materi yang hendak disampaikan kurang menarik akan tetapi kita bisa merangsang seseorang agar membacanya dengan membuat tampilan awalnya yang menarik.

3. Tulisan harus jelas
kurang jelasnya tulisan biasanya disebabkan oleh perpaduan warna dalam tulisan yang tak sesuai dengan warna yang ada di baground, sehingga tulisan terkesan hilang atau tidak nampak.

4. Sisipkan gambar, atau music yang menarik
gambar yang ingin di tampilkan disesuaikan dengan tema yang ingin disampaikan. berdasarkan penelitian bahwa indra penglihatan sangat efektif dalam menangkap informasi dari pada indra yang lainnya, maka untuk itu perlu adanya ssisipan gambar yang sesuai dengan materi.

5. Hindari warna yang berlebihan
hal ini dimaksudkan agar peserta tidak terganggu konsentrasinya gara-gara power point yang kita buat banyak warnanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 sialim, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger